Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Banyak wanita mencari cara menurunkan berat badan setelah melahirkan, karena itu merupakan hal yang penting dilakukan untuk mendukung penampilan.

Wanita sangat memerhatikan masalah penampilan mulai dari makeup, skincare sampai dengan bentuk tubuh. Menjadikan tubuh ideal biasanya dapat meningkatkan penampilan dan rasa percayaan diri wanita.

Akan tetapi, wanita yang telah melahirkan lebih sering memiliki berat badan yang lebih besar dibandingkan dengan berat badan sebelum masa kehamilan.

Setelah melahirkan pasti Anda menginginkan bentuk tubuh seperti sebelumnya, walaupun ini bukan hal yang mudah dilakukan.

Tapi sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi, karena ada beberapa cara menurunkan berat badan setelah melahirkan sebagai berikut:

1. Perhatikan asupan serat

Untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan Anda harus memperhatikan asupan serat untuk tubuh Anda. Pasalnya, rutin mengonsumis serat setiap hari dapat membantu melumasi sendi, menjaga jaringan sel saluran pencernaan, menghindari penyakit sembeli dan baik untuk menstabilkan suhu tubuh Anda. Saat ini serat sudah semakin mudah didapatkan, baik dari makanan harian seperti sayuran, buah dan bisa juga dari minuman fiber seperti FIbreFirst.

Baca Juga:  3 Makanan Serat yang Mudah Dijumpai

2. Makanlah dengan porsi kecil

Makan dengan prosi kecil yang teratur juga dapat mencegah Anda makan berlebihan setelah melahirkan. Jangan pernah juga untuk melewatkan sarapan, karena melewatkan sarapan bisa membuat Anda makan lebih banyak pada jam selanjutnya. Selain makn dengan porsi kecil tapi sering, tidak akan meningkatkan keinginan Anda untuk nyemil makanan tinggi gula dan lemak.

3. Konsumsi air mineral dengan cukup

Konsumsi air yang cukup tidak hanya bagus untuk Anda yang menurunkan berat badan setelah melahirkan. Tapi, air mineral juga kaya akan manfaat yang diperlukan oleh tubuh seperti melancarkan pencernaan, menstabilkan sirkulasi darah dan dapat memperlancar ASI untuk si buah hati.

Baca Juga:  6 Menu Makanan Sehat Yang Sangat Diperuntukkan Bagi Tubuh

4. Tidur tepat waktu

Kualitas tidur pasca melahirkan sangat memengaruhi prosesmenurunkan berat badan setelah melahirkan.

Tidur tepat waktu dapat menstabilkan tekanan darah dan detak jantung. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas dibutuhkan 7 s.d 8 jam sehari. Apabila Anda kurang tidur, sebaiknya luangkan waktu istirahat bersama buah hati tidur di siang hari tubuh Anda tetap sehat dan dapat bekerja dengan baik.

5. Aktivitas olahraga ringan

Aalaupun Anda disibukkan dengan merawat buah hati Anda dan tambahan mengurus rumah, jangan lupa sempatkan untuk berolahraga. Anda bisa memulai dengan olahraga yang ringan dirumah agar memengaruhi kemampuan tubuh untuk menghasilkan ASI yang sehat.

6. Hindari makanan olahan

Dengan menghindari makanan olahan, maka menurunkan berat badan setelah melahirkan akan sangat lebih mudah. Konsumsislah makanan sehat yang mengandung protein, serat dan gula yang sedikit.

Baca Juga:  4 Alasan Serat Penting untuk Tubuh

7. Hindari stres berlebih

Pasca melahirkan Anda akan disibukan dengan rutinitas mengurus bayi dari pagi hingga terkadang larut malam. Menghindari sterss berlebihan dapat mempercepat penurunan berat badan, karena nafsu makan Anda akan menjadi normal dan pastinya membuat semangat melakukan aktivitas dirumah ataupun olahraga.

Cukup sekian informasi cara menurunkan berat badan setelah melahirkan untuk meningkatkan kondisi kesehatan Anda. Perlu di ingat, jangan pernah menurunkan berat badan secara berlebihan setelah melahirkan karena akan membuat Anda sakit dan tidak bisa menyusui buah hati Anda. Tubuh Anda juga membutuhkan waktu pemulihan usai persalinan. Oleh karena sebab itu, tidak disarankan untuk menurunkan berat badan secara berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *